Sabtu, 30 Juni 2012

Puasa Putih atau Mutih sih?

Assalamualaykumwrwb.
Apa kabar? *oh baik, alhamdulillah^^*


Bismillahirrahmanirrahiim, senang sekali saya diberi kesempatan nulis lagi. hehe. ya, sekarang saya ingin bahas tentang puasa putih. apa sih? sama ga yah kaya puasa mutih? aduh jangan jangan bid'ah (mengada-ada) lagi. ya udah tenang-tenang, dari pada bingung, mending kita bahas ya..


saya sebagai orang yang hidup di indonesia sejak tahun 90-an sering mendengar puasa MUTIH. nah, puasa mutih ternyata adalah puasa yang melarang orang yang sedang puasanya untuk tidak makan apapun selain nasi putih dan air bening (air putih), ada yang bilang puasa mutih ini dijalankan untuk ritual tertentu. menurut wikipedia, puasa mutih ini adalah berpuasa atau berpantang makan dan minum apa saja kecuali nasi putih dan air putih. Biasanya puasa ini dikenal di lingkungan penganut kejawen dan praktisi supranatural dengan tujuan/kepentingan tertentu seperti mendapatkan Ilmu Gaib, keberhasilan hajat dan lain-lain. 


lalu, apakah dalam Islam hal ini diperbolehkan? well, tak ada dalil yang melandasi adanya puasa mutih dalam Islam. rasul Muhammad SAW pun tak pernah mencontohkan puasa mutih..


yap, lain halnya dengan PUASA PUTIH atau kerennya disebut SHAUM DI HARI BULAN PURNAMA atau SHAUM TENGAH BULAN (tentunya dengan bulan2 dalam kalender hijriah).. nah, ini adalah dimana kita berpuasa sunnah pada tanggal 13,14, dan 15 setiap bulannya dalam bulan-bulan di kalender hijriah. kecuali ramadhan.. 


adapun dalilnya:


1. RasulAllah SAW berpesan 3 hal jangan sampai ditinggalkan selama hidup : 'Puasa 3 hari setiap bulan (pertengahan bulan Hijriyah), shalat Dhuha, dan shalat Witir sebelum tidur'. (HR.Muslim)

2. RasulAllah SAW bersabda : Jika kamu puasa 3 hari dalam sebulan (pertengahan bulan Hiriyah), maka puasalah pada tanggal 13, 14, 15 pada bulan itu (bulan Hijriyah)'. (HR.Tirmidzi)

3. RasulAllah SAW bersabda : 'Puasa tiap bulan 3 hari (pertengahan bulan Hijriyah), bagaikan puasa selama hidup (sepanjang masa)'. (HR.Bukhari dan Muslim)


yap, jadi sudah jelas kan, bahwa yang dicontohkan Rasul SAW adalah PUASA PUTIH. so, semoga kita semua bisa istiqamah dan amal, ibadah, dan aktivitas kita semua diterima, diberkahi, dan diridhoi ALLAH SWT.


Aamiin Ya Robbal ‘Aalamiin.


Allahu'alam bishshawab. Wassalamu'alaikum wr.wb.



note: untuk bulan Sya'ban 1433 H ini, tanggal 13,14, 15 nya jatuh pada tanggal 30 Juni, 1, dan 2 Juli 2012.. semoga Allah memberkahi.. Amin ^^

1 komentar:

  1. RALAT note: harusnya tanggal 13,14,15 sya'ban tuh jatohnya tgl 1,2,3 juli besok.

    BalasHapus