Selasa, 03 Juli 2012

jalan jalan ke TIMBUKTU yuk!

salah satu masjid bersejarah di timbuktu

Anda pernah mendengar nama kota Timbuktu? Timbuktu adalah kota kuno di Mali yang pernah mengalami masa keemasan di masa Khilafah Islam abad 13-16 masehi. Pada masa itu Timbuktu menjadi kota terkaya di dunia sebagai pusat perdagangan, ilmu pengetahuan, dan agama Islam. 

Di kota ini terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah seperti masjid Djingarey Ber dengan arsitekturnya yang canggih dan memukau yang terbuat dari lumpur. Saat itu juga dibangun banyak madrasah dan universitas, salah satunya yang terkenal adalah Universitas Sankore. Kota ini menjadi magnet bagi para intelektual dan wisatawan di dunia.

Sebagai kota pusat ilmu pengetahuan, para ilmuwan dan intelektual di masa itu banyak yang menulis buku-buku dan manuskrip yang disimpan di 120 perpustakaan di kota tersebut. Namun sayang kota ini kemudian diserang dan dijajah pada tahun 1591 oleh pasukan Moroko, bahkan di masa sekarang keadaannya semakin mundur dan miskin, sangat bertolak belakang dengan masa kejayaannya dulu. Sungguh, hanya dengan kebangkitan Islam yaitu tegaknya Daulah Khilafah, maka kota Timbuktu akan bangkit lagi dan mengulang kejayaannya, insya Allah.

sumber:
http://whc.unesco.org/en/list/119
http://www.tombouctoumanuscripts.org/libraries/the_mamma_haidara_memorial_library/
http://news.yahoo.com/timbuktu-ancient-islamic-city-under-attack-141628548.html
http://www.telegraph.co.uk/culture/art/3562674/Timbuktus-Dingarey-Bey-mosque.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar