Senin, 16 Juli 2012

pribadi

pribadi? private? apa sih maknanya pribadi, apa sama kaya kepribadian?

yaah, saya sudah hidup selama kurang lebih 22 tahun. ada banyak gunung yang saya daki dan lereng yang dituruni. beda kali ya definisi pribadi n kepribadian. samanya adalah ketika kepribadian itu adalah yang melekat di pribadi (diri) kamu. pengertian kepribadian awalnya saya pikir adalah sifat, tabiat. atau karakteristik hidup saya, diri saya. gimana sih saya, saya suka apa dll.


akhirnya saya tahu bahwa kepribadian itu lain dengan karakteristik. saya tahu dari seorang guru kehidupan saya, senang saya bisa kenal sama beliau. dia bilang di sebuah buku yang titelnya "Syakhsiyah Islamiyah" inti dari kepribadian (syakhsiyah) adalah pola pikir n pola sikap. saya pikir betul juga kata ustad yang menulis buku tersebut, Syekh Taqiyuddin An-Nabani. karena toh apa yang kita pikirkan, baik atau buruk akan tercermin pada pola sikap atau tingkah laku kita.


contohnya: ketika kamu berpikir bahwa mencuri atau mengambil hak milik orang lain itu adalah haram (tidak boleh) maka kamu ga akan pernah mencuri meskipun perut kamu laper selaper-lapernya sampe-sampe hampir pingsan. kenapa? karena ada pemikiran kamu yang meyakini bahwa mencuri itu tidak baik. seperti tercantum dalam al quran: Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Qs. Al-Maidah : 38)


so, kenapa sih harus selalu ada hubungannya dengan islam? yah karena saya muslim. saya beragama, beraqidah Islam. maka saya harus dong melihat berdasar hukum Islam. bersumber dari dua sumber yakni Al-Quran n Hadits. plus berdalil dari alquran, hadits, ijma, dan qiyas.


dulu saya penasaran banget apa yang namanya karakteristik bisa berubah?

dan sekarang saya dah nemuin jawabannya, yup! bisa dong.

pernah denger cerita umar bin khathab? ya, salah seorang khulafaur rasyidin yang keren banget. sahabat rasul yang luar biasa. umar dulu sebelum masuk islam terkenal banget akan ke-sangarannya. namun setelah berislam, umar jadi sangat lembut dan perangainya baik, kecuali terhadap kemungkaran.

karakteristik saya juga berubah akhir-akhir ini. hehe. suer deh, malahan saya baru sadar pas temen2 sd saya bilang saya tuh gimana. well, sampe smp mungkin masi rada sama ya karakternya. tapi semenjak sma, apa lagi kuliah makin jauh berbeda. so sorry ya all kalo saya ga bisa jadi seperti yang dulu. hehe.

ya, seperti status fb saya beberapa waktu lalu. the world moves fast. saya pun begitu. ga ada yang recognize atau notice saya yang bergerak n berubah begitu cepat. sampai saya sendiri pun juga ga sadar bahwa waktu terus berputar n we have to face it because it is real. this is not dream! it's real life!

*jadi kemana-mana.. biasa :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar